wordpress localhost
WordPress XAMPP

Install WordPress di Windows Menggunakan XAMPP

Ingin menginstal XAMPP dan WordPress untuk membuat situs pengembangan WordPress lokal? XAMPP memungkinkan Anda menjalankan situs web dari komputer Anda sendiri. Dan setelah Anda mengaturnya, Anda dapat mem-spin instalasi WordPress baru hanya dengan beberapa klik.

Tetapi untuk benar-benar menginstal XAMPP dan WordPress dapat menjadi sedikit rumit, jadi Anda mungkin perlu bantuan.

Saya sudah membahas tentang beberapa manfaat dari situs pengujian WordPress lokal, jadi saya tidak akan membicarakannya. Sebaliknya, saya akan menganggap Anda baru saja berada di sini untuk panduan ini.

Catatan. Jika Anda memerlukan panduan yang lebih umum tentang cara menginstal WordPress di lingkungan lain – tidak hanya secara lokal, tetapi pada server langsung juga, maka silakan lompat ke panduan ini dari kami.

Jadi tanpa basa-basi, inilah cara menginstal XAMPP dan WordPress untuk membuat lingkungan pengujian WordPress lokal Anda sendiri di Windows.

Unduh dan pasang XAMPP di komputer Anda

Untuk memulai, Anda perlu mengunduh dan menginstal perangkat lunak XAMPP. Anda dapat mengunduh file penginstal Windows dari Apache Friends. Ini adalah file besar, sekitar 110 MB, jadi mungkin membutuhkan waktu satu menit atau lebih tergantung pada koneksi Anda:

download xampp windows

Setelah unduhan selesai, jalankan file yang Anda unduh untuk meluncurkan penginstal XAMPP. Jika Anda menjalankan perangkat lunak antivirus, Anda mungkin mendapatkan peringatan seperti ini:.

anti virus warning xampp

Cukup klik Yes untuk melanjutkan. Tergantung pada konfigurasi Windows Anda, Anda mungkin juga mendapatkan prompt tentang Kontrol Akun Pengguna (UAC). Terus saja melalui permintaan itu juga. Setelah Anda menyelesaikan semua petunjuk, Anda akan melihat layar penginstal standar:

setup xampp

Kemudian klik Next untuk melanjutkan.

Di layar berikutnya, Anda dapat memilih komponen mana yang akan dipasang. Untuk menginstal XAMPP dan WordPress, Anda tidak memerlukan semua komponen. Selain komponen yang dibutuhkan, yang Anda butuhkan adalah:

  • MySQL
  • PHPMyAdmin

xampp componets instal

Hapus centang semuanya dan klik Next.

Anda sekarang dapat memilih folder mana untuk menginstal XAMPP. Saya selalu membiarkannya sebagai default:

folder to install XAMPP

Di layar berikutnya, Anda akan mendapatkan prompt yang meminta Anda menginstal Bitnami for XAMPP. Anda tidak memerlukan ini untuk menginstal XAMPP dan WordPress, jadi cukup jangan centang kotak yang tersedia:

bitnami for xampp

Setelah Anda mengeklik Next, Anda siap menjalankan pemasangan:

ready to install xampp

Proses pemasangan mungkin memerlukan waktu beberapa menit:

unpacking files xampp

Setelah selesai, Anda dapat meluncurkan kontrol panel untuk mulai bekerja dengan XAMPP:

completing xampp setup wizard

Mulai modul dan uji server Anda

Untuk menginstal XAMPP dan WordPress dengan benar, Anda harus menjalankan dua modul:

  • Apache
  • MySQL

Anda dapat memulai kedua modul dari kontrol panel XAMPP:

xampp control panel

Setelah Anda meluncurkannya, Anda akan melihat statusnya berubah menjadi hijau:

modules services xampp

Dan sekarang Anda harus dapat menguji bahwa server lokal Anda bekerja dengan cara pergi ke http: // localhost / di browser pilihan web Anda:

localhost

Jika semuanya berjalan lancar, Anda sekarang memiliki server XAMPP yang berfungsi pada Windows Anda! Tetapi sekarang saatnya menginstal XAMPP dan WordPress. Jadi, inilah cara untuk membuat situs WordPress aktif dan berjalan di XAMPP.

Tambahkan file WordPress

Jika Anda pernah menginstal WordPress secara manual, proses selanjutnya akan terasa akrab. Pertama, Anda harus pergi ke wordpress.org dan mengunduh versi terbaru WordPress.

Kemudian, di Windows, arahkan ke folder tempat Anda menginstal XAMPP. C: // xampp. Kemudian, di folder itu, cari subfolder htdocs:

htdocs

Di htdocs, buat folder baru untuk situs uji Anda. Nama folder ini akan menjadi sub-nama yang digunakan untuk mengakses situs Anda. Misalnya, jika Anda membuat folder testsite, Anda akan mengakses situs Anda dengan masuk ke http: // localhost / testsite.

Setelah Anda membuat folder, ekstrak file .zip WordPress yang Anda unduh dari wordpress.org ke dalamnya:

testsite

Buat database untuk WordPress

Selanjutnya, Anda perlu membuat database MySQL untuk menginstal WordPress Anda. Untuk melakukan itu, luncurkan PHPMyAdmin dari panel kontrol XAMPP Anda:

admin control panel xampp

Kemudian klik pada Database di atas:

phpmyadmin

Dan masukkan nama untuk database Anda dan klik create. Nama Anda dapat berupa apa saja – ingat saja karena Anda memerlukannya untuk langkah berikutnya:

create database

Tidak seperti menginstal WordPress di server web langsung, ketika Anda menginstal XAMPP dan WordPress, Anda tidak perlu khawatir tentang membuat pengguna basis data.

Jalankan pemasang WordPress

Saat Anda mengunjungi situs uji, Anda akan melihat penginstal WordPress normal. Ingat, situs uji Anda hanya http: // localhost / FOLDERNAME:

wordpress installer

Satu-satunya langkah di mana proses ini akan berbeda dari pemasangan normal adalah detail basis data. Ketika Anda sampai ke detail basis data, masukkan mereka seperti ini:

Database Name = Nama database yang Anda buat di PHPMyAdmin
Username = “root”
Password = kosongkan

database details

Kemudian selesaikan sisa proses penginstalan WordPress seperti biasa.

Setelah Anda menyelesaikan prosesnya, Anda akan melihat menginstal WordPress baru Anda berjalan dengan sempurna pada localhost Anda:

wordpress localhost

Setelah Anda mempelajari cara menginstal XAMPP dan WordPress untuk pertama kalinya, Anda dapat dengan cepat mem-spin situs pengujian baru kapan saja diperlukan.

Saya menggunakan pemasangan XAMPP untuk meninjau sejumlah tema dan plugin. Pada titik ini, saya mungkin memiliki sekitar 60 pemasangan WordPress terpisah yang berjalan di XAMPP. Jadi, jika Anda memerlukan bantuan dengan XAMPP dan WordPress, berikan komentar dan saya akan mencoba membantu!

About the author

rendyruslan

Add Comment

Click here to post a comment